Saturday, May 8, 2010

Update Firmware Sony Ericsson G502 Offline

Bagi pengguna ponsel Sony Ericsson tipe G502 yang masih menggunakan firmware seri RIFA031 mungkin sering mengalami ponsel restart, sering hang (tidak merespon). Untuk mengatasi hal-hal tersebut dapat dilakukan upgrade firmware. Dari hasil sharing di sebuah forum, banyak pengguna (termasuk penulis) menggupgrade firmware ke versi RIFA037 karena dinilai lebih stabil dan lebih hemat baterai.



Untuk meng-upgrade firmware tersebut dibutuhkan file firmware baru, tools penunjang dan koneksi dari ponsel ke PC (dalam hal ini menggunakan kabel data).

Setelah selesai di download semua bahan-bahan diatas, untuk file firmware, ekstrak semua, untuk A2Uploader, harap diinstal terlebih dahulu (Gordon's Gate)ggsetup.exe nya. Disarankan saat mengekstrak A2Uploader, non aktifkan terlebih dahulu antivirus yang sedang berjalan, karena kebanyakan antivirus terjadi false alarm mendeteksi tools tersebut sebagai virus. Untuk kabel data, harap pastikan driver sudah terinstall dengan benar.

Untuk melakukan upgrade, backup dulu data-data di ponsel agar nanti dapat di retrieve kembali sesudah proses upgrade. Langkah-langkah upgraded sebagai berikut:

  • Setelah instalasi tools A2Uploader selesai. jalankan a2Uploader.exe, maka akan muncul jendela aplikasi.
  • Matikan ponsel, copot kartu memori dan simcard, dan pastikan baterai tersisa lebih dari 50%.
  • Kabel data sudah ditancapkan dan terinstall dengan benar
  • Klik tombol add, piilih file yang di ekstrak dari RIFA037 FS dan MAIN (berekstensi .fbn dan .mbn)
  • Setelah itu klik tombol flash, kemudian tancapkan kabel data ke ponsel sambil menekan angka 2 atau 5 atau 2 dan 5 sekaligus (tergantung ponsel masing). proses menekan angka 2 atau 5 ini dilakukan sebelum kabel data ditancapkan ke ponsel. Sambil menahan angka 2 atau 5 tancapkan kabel, lihat pojok kiri jendela aplikasi a2uploader, jika tersambung (connect), akan melakukan proses flashing (upgrade). hal ini ditandai dengan adanya informasi "...will flash xxx blocks". proses flasing berlangsung 2 kali jadi harap sabar. jika sudah selesai akan muncul konfirmasi sukses. setelah itu pilih tombol shutdown FS Manager dan quit, lalu jalankan kembali a2uploader. 
  • Jangan nyalakan ponsel, karena proses belum selesai. setelah jendela aplikasi a2uploader muncul kembali (jalankan kembali), pilih tombol filesystem tool. seperti diatas, tahan angka 2 atau 5 atau kombinasi 2 dan 5 lalu tancapkan kabel data kembali. jika sukses akan ada pesan "ready" dan muncul folder-folder seperti TPA, IFS, dll. jika sudah muncul folder-folder tersebut, pilih folder TPA->Present-> Custom. Masukan ( dalam hal ini overwrite ) semua file yang di ekstrak dari Customized ID ke folder custom tersebut dengan cara drag n drop ( block semua data lalu drag ke jendela aplikasi ). jika sudah, piilih tombol shutdown... dan quit
  • Masukan simcard, kartu memori kembali ke ponsel, dan nyalakan. proses booting akan memakan beberapa waktu, jadi harap sabar. 
  • Selesai.

Untuk lebih jelas dapat menyimak thread forum berikut :



1 comment: