Sunday, February 28, 2010

Sejarah Singkat Internet

Internet atau Interconnected Networking adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil didalamnya yang menghubungkan semua jaringan-jaringan tersebut secara global. Menurut Wikipedia.org, internet adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Awal perkembangan internet dimulai oleh Departemen Pertahanan Amerika lewat proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET. Proyek ini mendemonstrasikan hardware dan software dengan sistem Unix. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menghubungkan daerah-daerah vital saat terjadi perang, yang utamanya adalah untuk mencegah terpusatnya informasi. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Sekarang, Internet sudah menghubungkan jutaan komputer diseluruh dunia. Ini merupakan peningkatan yang sangat besar dibandingkan pada awal penggunaannya. Peningkatannya tidak hanya dalam segi bertambahnya pengguna internet, tetapi manfaat-manfaat dan servis yang memberikan kemudahan bagi kehidupan umat manusia.

No comments:

Post a Comment