Sunday, February 28, 2010

"Mengapa Belajar Bahasa Indonesia ?"


Bahasa adalah suatu cara komunikasi verbal antara manusia. Dengan adanya bahasa, manusia dapat berinteraksi, mengekspresikan pikiran, perasaan serta keinginannya. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dipakai oleh bangsa Indonesia, bahasa pemersatu bangsa diantara bahasa-bahasa yang lainnya. Namun sekarang ini, banyak orang menyepelekan tentang pembelajaran bahasa Indonesia. Padahal belajar bahasa Indonesia yang notabenenya bahasa ibu kita sendiri sangat penting, karena bahasa ini adalah bahasa nasional yang dipakai di negara ini. 


Namun sekarang ini, pembelajaran bahasa Indonesia sudah mulai kalah tenar dengan bahasa-bahasa asing lainnya. Sebut saja bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Jerman, dll. Pamor bahasa Indonesia sudah mulai meredup, kalah oleh sinar dari bahasa lainnya untuk dipelajari. Padahal belajar bahasa Indonesia merupakan salah satu bentuk apresiasi kita terhadap sejarah dari bangsa Indonesia ini. Belajar bahasa Indonesia, sebenarnya tidak rugi karena :

  1. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu terkenal sebagai bahasa yang paling sopan dan paling pas di kawasan timur. Maka dari itu, meski bahasa Indonesia kini sudah berbeda dari bahasa melayu dulu, namun kita harus bangga karena bahasa kita dahulu adalah bahasa mulia dan hingga kini masih merupakan bahasa yang mulia serta selayaknya kita jaga dan tingkatkan kemuliaannya dengan merawat dan melestarikannya
  2. Bahasa Indonesia bahasa yang mudah dipelajari karena tidak memiliki tingkatan-tingkatan kata ataupun kalimat
  3. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya. Pada awalnya bahasa Indonesia adalah bentukan dari bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia, maka bahasa Indonesia memiliki ribuan kata yang diserap dari bahasa beberapa bangsa di dunia. Proses tersebut menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang kaya
  4. Bahasa Indonesia mulai dipelajari bangsa lain. Bahasa Indonesia ternyata tidak hanya dipelajari oleh bangsa Indonesia saja. Bahasa Indonesia sendiri kini tengah dipelajari oleh warga Negara di Australia. Alasan warga Negara Australia mempelajari bahasa Indonesia adalah karena mereka tertarik dengan budaya bangsa Indonesia dan ingin memperdalam pengetahuan akan Indoensia dengan mempelajari bahasa Indonesia. Sungguh membanggakan, bahasa kita ternyata dikagumi bangsa selain bangsa Indonesia. Dengan begini bukan mustahil jika bahasa Indonesia kelak mampu menjadi bahasa Internasional menggantikan bahasa Inggris.
Jadi, tak ada ruginya-kan belajar bahasa Indonesia, karena dengan belajar tersebut kita turut melestarikan bahasa Indonesia .

No comments:

Post a Comment