Sunday, February 28, 2010

Penulisan Ilmiah

Pada semester ke-6 ini, setiap mahasiswa akan dituntut untuk membuah sebuah Penulisan Ilmiah. Penulisan ini bisa dengan cara menganalisis sistem ataupun membuat sebuah sistem. Sampai saat ini, saya belum mendapatkan ide yang benar-benar akan saya kerjakan untuk penulisan ilmiah ini. Namun, beberapa gambaran sistem sudah bermunculan didalam pikiran, tetapi saya belum bisa menerka bagaimana pembuatan sistem tersebut (pengimplementasian gambaran sistem tersebut kedalam barisan coding-coding program (pusing euy...!)).
Salah satu dari gambaran sistem tersebut adalah sebuah aplikasi mobile yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java 2 ME. Adapun aplikasi ini bertujuan untuk membantu meringkas penjualan-penjualan pulsa secara elektrik (pulsa elektrik) yang banyak dijual oleh teman-teman mahasiswa lainnya. Tak kala dalam sebuah transaksi , tidak dilakukan pembayaran atas pembelian pulsa secara langsung. Oleh sebab itu penjual pulsa akan membuat sebuah catatan tentang hutang-hutang yang terjadi. Aplikasi sebenarnya ditujukan untuk menggantikan fungsi catatan-catatan tersebut sehingga lebih portable dan irit kertas. Inti dari aplikasi tersebut ialah untuk pencatatan saldo pulsa penjual, kemudian pencatatan transaksi penjualan pulsa yang terjadi, pengelompokkan jenis penjualan pulsa, apakah tunai atau kredit (hutang), dan penyimpanan serta pencarian data transaksi penjualan khususnya yang berjenis hutang, sehingga penjual tidak perlu mencatat secara manual transaksi-transaksi tersebut, cukup hanya menggunakan aplikasi ini untuk mengingatkan akan adanya hutang kepada seseorang/pembeli.

Ide ini belum sepenuhnya sempurna karena saya sendiri masih sangat awam tentang pemrograman berorientasi objek (OOP) khususnya bahasa pemrograman java. Jika nantinya saya merasa tidak mampu untuk membuat aplikasi ini dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, saya akan menggunakan bahasa pemrograan Visual Basic yang saya anggap sedikit (ingat hanya sedikit loh...!) lebih mudah dibandingkan dengan bahasa pemrograman Java. Sampai saat ini, saya masih memikirkan tentang ide-ide lain untuk penulisan ilmiah ini. Namun belum ada ide yang saya anggap benar-benar pas untuk saya kerjakan. Semoga ide tersebut datang lebih cepat, supaya saya bisa memulai penulisan ilmiah ini lebih cepat pula. Tidak lupa saya meminta dukungan dari teman-teman sekalian dalam proses pembuatan penulisan ilmiah ini nanti (^^ mohon bantuannya,,,:)).

No comments:

Post a Comment