Tuesday, March 1, 2011

Exploit dari Sony PS3 dirilis Online

Sehari setelah mengumumkan ia berhasil meng-hack konsol Sony PlayStation 3 untuk menjalankan perangkat lunaknya sendiri, George Hotz telah merilis eksploitasi tersebut secara online. Hotz, yang terkenal karena meretas (Crack) IPhone dari Apple, mengatakan dalam sebuah postingan blog bahwa ia telah memutuskan untuk menyebarluaskan eksploitasi tersebut untuk melihat apa yang orang lain bisa lakukan dengan itu dan karena ia ingin pindah ke pekerjaan lain.
 
"Mudah-mudahan, ini akan memicu scene dari PS3, dan anda akan mengatur dan mencari cara untuk menggunakan ini untuk melakukan hal-hal praktis, seperti iPhone ketika pertama kali dirilis jailbreaks-nya," tulisnya. "Saya memiliki kehidupan untuk kembali  dan tidak bisa tetap bekerja pada ini sepanjang hari dan malam."
Pada hari Jumat Hotz mengatakan dia telah berhasil hack PlayStation 3 setelah lima minggu bekerja dengan "hardwaare yang sangat sederhana dan canggih yang diterapkan, dan beberapa perangkat lunak yang tidak bisa dikatakan mudah." Konsol PlayStation 3 biasanya hanya menjalankan perangkat lunak yang telah digitalisasi standarnya oleh Sony. Itu merupakan bagian dari sistem manajemen hak digital yang kompleks yang dirancang untuk menggagalkan pembajakan perangkat lunak namun hacking merupakan celah pertama di bahwa perlindungan digital.
 
Dengan dirilisnya exploit ini secara online, banyak programmer online mulai mengeksplorasi PS3 guna mencari celah untuk dapat masuk lebih dalam kedalam sistem PS3. Beberapa tujuan utamanya yaitu meretas sistem enkripsi yang memastikan bahwa software game illegal tidak dapat dimainkan pada konsol tersebut, sementara banyak dari mereka juga termotivasi untuk mencoba menjalankan program mereka sendiri diatas platform PS3 yang hebat itu.
"PS3 telah dihack, tugas Anda untuk mencari tahu sesuatu yang berguna untuk hal itu," tulis Hotz dalam file zip yang disertakan file eksploitnya. Exploit dari Hotz ini sudah terbukti berkerja dengan fitur Other OS dari PlayStation 3 yang memungkinkan menginstall sistem operasi kedua. Fitur ini sudah dihentikan pada mesin dengan model yang lebih baru, seperti konsol PS3 Slims.

Sony juga memeriksa kode. Berbasis di Tokyo Game Unit, Sony Computer Entertainment, saat ini sedang menunggu hasil dari pemeriksaan atas klaim hacking yang dilontarkan oleh Hortz, dan tidak bersedia memberikan komentar sampai pemeriksaan tersebut selesai dilakukan.

Jika perangkat lunak ditingkatkan, maka Sony bisa ditekan untuk merilis update firmware yang ditujukan untuk menutup lubang-lubang keamanan yang dipakai Hortz untuk menyerang sistem. Itulah yang terjadi ketika Hotz meretas iPhone. Apple mulai bermain kucing-dan-tikus dengan pengembang secara virtual dan akan bergegas mengeluarkan update sistem segera setelah versi baru dari perangkat lunak Jailbreak iPhone diterbitkan.

Modus : Hacking ke system konsol PS3, memodifikasinya sehingga konsol tersebut dapat menjalankan game hasil copy-an (bajakan) yang seharusnya tidak bisa karena diproteksi oleh system enkripsi dan digitalisasi. yang dilakukan Sony Atau agar dapat menjalankan program buatan sendiri di konsol tersebut.

Solusi : Vendor mengeluarkan update / patching untuk sistem tersebut guna menutup celah-celah keamanan yang digunakan untuk menerobos masuk ke sistem. diharapkan update / patching dilakukan secara berkala karena kegiatan exploit seperti ini pasti selangkah lebih maju dibadingkan dengan langkah pencegahannya.

Sumber :
http://www.computerworld.com/s/article/9149398/PlayStation_3_hack_released_online
http://veryrite.com/2010/12/04/playstation-3-ps3-firmware-3-50-jailbreak-with-x3-max-dongle-without-downgrade/

No comments:

Post a Comment