Sunday, February 27, 2011

Spam

Seringkah anda mengecek account email anda? Berapakah jumlah pesan yang masuk ke inbox anda yang berasal dari teman atau rekan bisnis anda? Berapakah email yang tidak anda kenali, atau berisi iklan-iklan, atau sesuatu yang tidak jelas?

Email yang tidak dikenali yang dimaksudkan diatas adalah Spam, yaitu penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya.


Dikutip dari Norton.com, 77% Email saat ini adalah Spam yang terbagi atas beberapa kategori yaitu Internet sebesar 36,32%, kemudian Nigerian Type sebesar 26,14%, Products sebesar 11,96% lalu Financial dan Leisure masing-masing 7,63 % dan 6, 84%, kemudian Scams sebesar 6,61% dan terakhir Other sebesar 4,50%. Dengan kecenderungan meningkat setiap bulannya. Hingga saat ini tercatat lebih dari 68 milyar email spam telah beredar dengan volume data sebesar 52.596.727.815. 

Ada beberapa jenis media tempat spam biasa beredar yaitu:
  • Newsgroup dan Forum
  • Email
  • Instant Messaging
  • Mobile Phone
  • Online Game Messaging
  • Blog, Wiki, dan Guestbook
  • Situs berbagi video
  • Hasil pencarian search engine
Keberadaan Spam ini memang cukup mengganggu, selain memenuhi kuota inbox email, spam ini juga sering digunakan sebagai media untuk penyebaran virus, phising sites dan malware. Oleh sebab itu, pengguna internet diharapkan untuk tidak meng-klik link-link yang diberikan oleh spam tersebut karena dapat menyebabkan pencurian data pribadi seperti password, nomor kartu kredit, dll.

Saat ini sudah sebagian besar penyedia jasa surat elektronik (email) seperti Yahoo, Gmail  melengkapi service yang mereka berikan dengan fitur anti spam sehingga dapat meminimalisir abuse yang dapat terjadi. Namun kembali lagi kepada kesadaran dari tiap pengguna untuk lebih teliti dan waspada terhadap ancaman-ancaman ini yang mungkin saja terjadi kepada siapa saja, salah satu cara untuk terhindar dari spam ini adalah dengan tidak memberikan alamat email disembarang situs, biasanya banyak situs yang menawarkan layanan berlangganan untuk info-info product dan semacamnya. Hal inilah yang justru tidak disadari menjadi jalan untuk spam bertebaran di inbox email anda. Jadi pilihlah dengan bijak situs mana saja yang menurut anda baik. 

Sumber :
http://au.norton.com/?cci=on&s_tnt=22618:2:0
http://id.wikipedia.org/wiki/Spam
http://pilarwawasan.blogspot.com/2011/02/asal-usul-kata-spam-di-dunia-maya.html

No comments:

Post a Comment